Cari Uang Sambil Sekolah, Bisnis jualan Kue Adalah salah Satu Yang Paling Diminati…

Cara Memulai Jualan Kue dan Gorengan Bagi Anak Sekolahan

Jika membahas terkait dengan bisnis, ternyata bisa dilkaukan dimana saja dan oleh siapa saja. Termasuk bagi mereka yang masih duduk dibangku sekolah. Peluang ini memang cukup menjanjikan.

Apa lagi mereka yang berasal dari keluarga sederhana yang penghasilan keluarganya  hanya mampu mencukupi kehidupan sehari-hari saja… Terkadang mereka haruslah cari uang sendiri untuk tetap bisa melanjutkan jenjang pendidikannya…

Sebenarnya ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan oleh siswa atau anak sekolahan untuk menambah uang saku atau bahkan menghasilkan uang untuk membantu keluarganya… Seperti yang saya bahas dalam 9 Bisnis Yang Cocok Bagi Pelajar Dan Anak Sekolahan…  , Dalam tulisan tersebut ada saya bahas sekitar 9 Bisnis yang bisa menjadi sumber penghasilan bagi mereka yang masih duduk di bangku sekolah…

Dari kesembilan tersebut, kali ini akan saya bahas salah satunya yaitu usaha jualan makanan, atau jajanan yang bisa dilakukan oleh pelajar kapan dan dimana saja… Nah berikut ini adalah ulasan lengkapnya…

Berbeda dengan membuka usaha makanan biasa yang ada pada umumnya. Melakukan usaha disekolah makanan yang dijual tidak hanya enak tapi juga murah. Dan relatif modal yang dibutuhkan juga tidak seberapa…

Melakukan usaha bagi anak sekolah bisa seperti menjaul kue dan juga gorengan. Agar jualan yang dilakukan di sekolah bagi anak sekolah tidak menggagu belajar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara tersebut diantaranya adalah :

 

Bisnis jualan kue
Bisnis jualan kue

1. Membuat gorengan dan juga kue yang mengeyangkan

Banyak anak sekolah yang uang jajannya pas-pasan. Tetapi keadaan dari siswa terkadang masih belum sarapan. Sehingga mereka akan lebih mencarai jajanan yang mengeyangkan jika dibandingkan dengan rasa yang enak. Terkadang memang makanan yang enak belum tentu mengeyangkan.

Jenis makanan yang mengenyangkan ini memang sangat bisa di andalkan… Dan apalagi mengenyangkan juga ditambah enak.. pasti deh jualan kamu bakal laris… Contohnya bisa berupa mi goreng bungkusan, kue yang berisi… Utamakan kue yang basah dan tidak dijual di kantin disekitar sekolah…

Baca Juga :

 

2. Makanan yang hangat

Mereka para siswa akan lebih memilih gorengan yang masih dalam keadaan hangat. Untuk itu bagi anak sekolah yang melakukan usaha jualan gorenagn disekolah. Jual gorenagn tersebut dalam keadaan hangat.

Karena memang makanan hangat lebih sehat untuk dikonsumsi dan lebih mudah diterima oleh perut, apalagi sekolah yang berada di daerah dingin…

Gak mungkin dong gorengannya tetap hangat kalau dibawa dari rumah…?

Bisa, kamu kan bisa membawanya dengan kemasan berupa termos makanan yang mampu menahan rasa hangat gorengan tersebut…

3. Jual dengan harga yang terjangkau

Jika anak sekolah ingin melakukan jualan kue dan juga gorengan di sekolah. Lebih baik tawrakan dengan harga yang terjangkau. Jangan menjual dengan harga yang mahal. Karena banyak siswa yang uang jajannya terbatas.

Makanan yang sederhana dan tidak butuh biaya banyak adalah salah satu solusinya…

Karena kita juga tahu bahwa tidak semua siswa disekolah kita memiliki uang jajan yang banyak… Lagian mereka akan memilih jajan di kantin jika harga dagangan kita lebih mahal…

4. Perhatikan kebersihan

Kemas gorengan dan juga kue serapi mungkin dan juga sebersih mungkin. Ini akan menjadi salah satu daya tarik agar banyak yang membelinya.

Saya juga merasakan hal yang sama, bahkan saya tidak mau makan disembarang tempat kalau saya liat penjualnya jorok, saya gak bakal mau makan…

Dan tidak hanya kebersihan makanan yang Anda jual, tetapi juga kebersihan kamu, badan dan pakaian kamu usahakan Serapi mungkin…

Karena sosokmu lah yang menentukan apa yang kamu buatkan…

Jika kamu bersih dan makanan yang kamu jual juga bersih, dijamin deh semua akan laris dan kamu bisa menghasilkan uang yang cukup…

5. Lakukan marketing dengan memanfaatkanmedia yang ada

Agar julan gorengan dan juga kue tidak menggangu pelajar. Lakukan marketing dengan memanfaatkan media social atau media lainnya. ini akan memberikan kemudahan juga dalam pemasarannya.

Maksudnya kamu bisa nawarin keteman2 sekolah kamu bahwa besok kamu akan jualan kue dan sebutkan apa saja jenis kue yang akan kamu jual…

Jadi teman yang suka makanan yang kamu jual akan menyisakan uangnya sebelum habis untuk membeli jualan kamu…

6. Dititpkan di warung kantin

Cara lain yang bisa dilakukan untuk bisa berjualan tetapi juga tidak mengganggu pelajaran adalah dengan menitipkannya di kantin. Tinggal meminta izin pada pemilik warung untuk menitipkan gorengan dan juga kue.

Atau bisa juga kamu titipkan di kantor, gudang , atau perpustakaan sekolah dengan seizin guru terlebih dahulu tentunya…

Hal ini bisa menghindari terganggu nya kegiatan belajar kamu…

7. Dijual di ruang kelas ketika istirahat

Cara lain yang bisa dilakuakn adalah menjual gorengan dan kue ketika istirahat. Tetapi yang paling penting adalah kegiatan tersebut tidak mengganggu proses belajar mengajar di dalam kelas.

Nah, ini adalah waktu yang paling tepat untuk menjual dagangan kamu.. kamu bisa membawa dagangan kamu keliling sekolah dan menawarkannya kepada teman-teman kamu…

8. Melalui pemesanan

Agar usaha jualan gorengan tidak menggau pelajaran dan juga proses belajar mengajar. Cara lain yang bisa dilakuakn adalah dengan cara pemesanan. Jadi sejak awal bagi siswa yang menginginkan gorengan dan kue harus pesan hari sebelumnya.

Ini juga berkaitan dengan kegiatan marketing yang kita jelaskan tadi…

Jangan lupa juga untuk membuat bungkusan pesanan yang bagus dan menarik bagi pembeli kamu…

Berikut tadi cara yang bisa dilakukan untuk menjual kue dan juga gorengan bagi anak yang masih sekolah. Dengan melakukan usaha jualan tersebut bisa menumbuhkan jiwa pembisnis bagi siswa. Selain itu nilai lain yang bisa diadapat adalah bisa membantu ekonomi keluarga.
Apalgi bagi siswa yang kurang mampu biasanya akan melakukan hal tersebut unutk bisa membantu kedua orang tuanya. Mereka akan menjual kue dan juga gorengan. Modal yang dibutuhkan untuk usaha tersebut bisa dibilang sangat sedikit.
Yang terpenting jika melakukan usaha jualan tidak akan mengganggu sekolah dan juga kewajibannya sebagai seorang pelajar. Yaitu kewajiban dalam menuntut ilmu. Karena ilmu itu memang sangat penting. Selain itu, jika melakukan usaha di dalam sekolah, apalagi didalam kelas usahakan tidak mengganggu proses belajar mengajar di dalam kelas.
Berikut tadi apa saja yang bisa dipaparkan terkait dengan cara menjual kue dan juga gorengan bagi anak sekolah. Semoga apa yang disampaikan di atas tadi bisa memberikan manfaat.

Nah selanjutnya, bagaimana sih Ara memulainya…???

Tenang kita tidak akan bahas setengah-setengah, nih dia kira2 cara memulainya dari nol… Lakukan dengan benar yah dik…

Baca Juga : 10 Tahap Membuat Blog Hingga Menghasilkan Uang…

Cara memulai Jualan Makanan bagi anak sekolahan atau pelajar

#1. Pertama Diapakan Target Konsumen Kamu

Nah hal ini adalah hal yang harus kamu fikirkan terlebih dahulu, target konsumen atau tujuan penjualan kamu nantinya.

maksudnya adalah dimana kamu akan menjual dagangan kamu, misal disekolah, dipasar, atau dipinggiran jalanatau memang mau jualan dari rumah… Terserah, yang penting karena u tentukan terlebih dahulu… Atau kamu borong semua juga bisa… 😂😁😂

#2. Memperkirakan Modal dan  Biaya Awal Yang Akan Habis

Tentunya ini tergantung target pasar kamu, target pasar sekolah berbeda misalnya dengan target jualan dipasar…

Jadi kamu harus memilih target dahulu agar bisa memperkirakan biayanya…

Misal jika target kamu adalah sekolahan, biaya nya tidak akan selalu banyak, paling cuma biaya peralatan dapur untuk memasak makanan yang akan kamu jual… Dan bahan bahan  yang dibutuhkan untuk makanan tersebut…

Tidak ada biaya tambahan…

Namun jika target kamu adalah pasar, kamu akan butuh yang disebutkan di atas dan juga sewa lokasi di tempat kami akan jualan…

Jadi kamu harus fikirkan terlebih dahulu dan pilihlah mana yang sekiranya bisa kamu cukupi dan yang tidak terlalu sulit untuk mengumpulkan modal awalnya…

#3. Yang ketiga adalah tahap mengumpulkan modal

Saya yakin kamu mau melakukan hal ini karena memang tidak memiliki banyak uang untuk biaya sekolah dan saya yakin kamu berasal dari keluarga sederhana…

Sehingga tidak akan mudah bagi kamu untuk mengumpulkan modal ini… Namun ini adalah Ishaaq dan perjuangan, kamu bisa minta modal kepada orang tua kamu dan biasanya mereka akan berusaha jika tujuan kami adalah yang baik…

Namun jika tidak diberikan, kamu bisa mengumpulkan uang saku dan menyisihkan ya sedikit demi sedikit… Kamu juga bisa nyari pekerjaan kepada teman2 yang mungkin malas mengerjakan tugasnya, kamu bisa gantikan dan minta sedikit upah…

Misal teman kamu orang g kaya dan malas mengerjakan tugas mengetik yang diberikan guru, kamu bisa menawarkan diri untuk mengerjakannya…

Jika di jalan, kerjakanlah dengan baik sehingga dihari esok dia juga minta tolong kepadamu…

#4. Mulailah Jualan

Nah, sekarang saatnya mulai jualan jika modal kamu udah ada dan mencukupi, saatnya jualan…

Mungkin pertama kali kamu akan agak sedikit malu… Namun ingatlah cita-cita kamu dan bagaimana keadaan keluarga kamu… Kuatkan lah tekad untuk membahagiakan keluarga kamu… Biar semangat kamu nambah terus…

Lakukanlah jualan dengan sebaik mungkin dan lakukan dengan semangat… Kesabaran dan ketabahan… Nanti juga kamu akan kebiasaan….

Hasil uang jual yang kamu dapatkan sisihkan untuk tabungan dan sisihkan juga untuk membeli bahan di waktu jualan berikutnya…

Usahakan juga kegiatan ini tidak menganggu aktifitas s sekolah kamu…

Baca Juga :

Menjadi Penulis Artikel Lepas, Ini Keuntungan Yang Akan Kamu Dapatkan…

Nah, saya rasa segitu saja ya, sekian dulu tulisan saya kali ini… Semoga bisa bermanfaat… Terimakasih telah berkunjung sampai jumpa diwaktu berikutnya…

Terimakasih jangan lupa untuk subscribe blog ini yah unik mendapat tulisan keren lainnya…