Jenis-jenis Web Hosting Berdasarkan Kualitas dan Harganya - Macam-macam Hosting

Web Hosting memang memiliki banyak jenis dari versi a sampai z memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.  Itu lah yang akan kita bahas disini, yaitu daftar jenis dan macam hosting. Sebelumnya, saya juga sudah membahas tentang Apa itu Web Hosting, Pengertian dan Manfaat Hosting . Dan kini kita akan membahas macam jenisnya.



Jenis Hosting Berdasarkan Kualitas Dan Fitur Nya

1. Shared Hosting

Shared hosting atau jika dibaca dalam bahasa Indonesia yaitu Hosting Berbagi adalah web hosting yang berasal dari satu server dan di bagi menjadi beberapa bagian. Setiap bagian menjadi milik seseorang pemilik yang telah membelinya kepada penyedia nya.

Shared hosting tergolong dalam hosting dengan kualitas yang paling rendah jika kita bandingkan dari segi kualitas nya. Namun jangan salah tanggap dulu...

Karena hosting itu belum pasti selalu rendah, karena tidak semua penyedia hosting membagi 1 server untuk banyak pengguna.

Misalnya begini,

Kita anggap ada 2 server bernama server A dan server B , keduanya memiliki kualitas yang sama, Ram yang sama juga sebesar 10GB.

Nah, server A dibagi kepada 3 pengguna sedangkan server B di bagi dengan 12 pengguna. Tentu server B akan terasa berat sehingga dalam hal ini, maka hosting A lebih bagus, padahal kan sama-sama shared hosting.


Nah itu yang perlu anda ketahui sebelum membeli hosting juga.

2. VPS Hosting (Virtual Private Server)

VPS lebih bagus jika dibanding dengan hosting, sebenarnya masih sama , dibagi dari 1 server ke beberapa pengguna, namun bedanya pada pembagiannya, jika pada shared hosting, pembagian tidak merata, jadi jika pengguna lain menggunakan hosting secara berlebihan, kita juga terkena dampaknya. 

Berbeda dengan VPS, kalau VPS , jatah masing-masing pengguna susah diatur, jika pengguna lain menggunakan server secara berlebihan, maka yang berpengaruh hanya hosting mereka saja, tidak dengan kita.

Namun, biasanya harga untuk bos sangat mahal jika dibandingkan dengan hosting, karena dengan VPS, kita juga bisa jualan hosting dimana kita akan membagi vps kita menjadi beberapa hosting.

Jika kebutuhan website anda lumayan tinggi, gunakan lah vps.

3. Cloud Hosting

Cloud hosting mungkin menjadi jenis yang paling diminati saat ini, dengan harga yang tidak terlalu tinggi, cloud hosting hampir membuat sebuah website tidak pernah down.

Karena cloud hosting menggunakan sekelompok server dimana jika suatu server bermasalah atau kelebihan beban, maka secara otomatis situs Anda dialihkan menggunakan server lainya.

4. Dedicated Server Hosting

Dedicated server adalah jenis hosting yang paling hebat, paling tinggi, dimana dengan dedicated, anda sudah mempunyai sebuah server sendiri yang hanya digunakan oleh anda sendiri. Anda juga bebas masuk ke root, bebas install aplikasi apa saja sesuai kebutuhan website anda.

Namun, untuk harga, snagatkah mahal, dedicated biasanya digunakan oleh situs-situs besar seperti kaskus, detik, Tribunnews dan situs lainnya yang memiliki trafik tinggi.

5. Penutup


Itulah jenis hosting berdasarkan kualitas nya, tentu kamu harus menyesuaikan nya dengan kebutuhan kamu, jangan beli yang mahal jika trafik situs kamu masih rendah, nanti rugi tau...

Oke, sekian dulu artikel ini, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis Web Hosting Berdasarkan Kualitas dan Harganya - Macam-macam Hosting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Bantu Saya dengan Share

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Beri saya semangat dengan share

Iklan Bawah Artikel


Andi Saputra Siahaan

Tentang Andi Saputra Siahaan

Adalah Seorang Blogger, Internet Marketer, Penulis yang sudah berpengalaman dan fokus di bidang ini sekitar 7 tahun. Sudah lama tapi tidak pernah sukses sampai sekarang....

Temukan Saya Di

Facebook : Andi Saputra Siahaan
Twitter : @andi_s_siahaan
Instagram : @andi_s_siahaan