Apa Untungnya Bikin Berita HOAX? Uang 1 MILYAR? Simak Sini, Saya Bahas Tuntas Agar Anda Tidak Jadi Alat Mereka!

Hoax adalah jenis berita atau informasi yang dibuat-buat atau dikarang-karang atau sebuah fakta yang di lebih-lebihkan atau dibuat secara sepatah/partial sehingga membuat pembaca atau audiens salah paham, salah tanggap, dan biasanya mengundang reaksi bagi siapapun yang melihatnya. Ketika anda menjadi audiens, dan menemukan informasi hoax, dan berita ini pro atau kontra kepada anda, maka anda akan turut bereaksi dengan informasi ini, bisa dengan berkomentar, atau share ke tempat yang lebih banyak.



Ketika anda bereaksi, maka informasi ini akan viral, dan menjangkau lebih banyak audiens. Ketika jangkauan semakin banyak atau luas, disitulah si penyebar HOAX mulai bertindak dan mengambil keuntungan. Anda mau tahu apa saja keuntungan nya? Uang 1 Milyar? Atau apa saja? Akan kita bahas dibawah ini berdasarkan jenis dan tipe nya.

Jenis Dan Keuntungan Menjadi Penyebar Hoax

Tertulis @ www.andipedia.com

1. Menyebar Hoax Melalui Facebook Dalam Bentuk Kiriman Yang disisipkan LINK website 

Ini adalah cara yang paling umum atau paling sering, si penyebar hoax melalui akun Facebook nya membuat kiriman yang memprovokasi atau mengundang reaksi, pada saat kiriman pertama kali dibuat, link belum disisipkan, ketika kiriman mulai menyebar, maka kiriman itu di edit dan di sisipkan link.

Link ini bisa berupa website yang berisi iklan, berisi produk yang dijual, berisi konten viral lainnya, atau mungkin menyebar aplikasi atau Script berbahaya seperti Malware yang dapat merusak perangkat pengguna.

Keuntungan yang mereka dapatkan bermacam-macam juga, jika jenisnya iklan , maka mereka akan mendapatkan penghasilan dari jenis penyedia iklan yang mereka gunakan, seperti blog ini, saya menghasilkan uang dari iklan Adsense, begitu juga dengan mereka , SI PENYEBAR HOAX ini.

Tertulis @ www.andipedia.com

Bisa juga dengan menjual produk, penghasilannya akan didapatkan dari penjualan produknya.

Jika websitenya disisipkan aplikasi atau Malware, ini yang akan paling MENGESALKAN kepada anda.

Ketika aplikasi itu terinstall tanpa sepengetahuan anda, maka akan sangat menggangu anda dalam menggunakan perangkat anda. Iklan bermunculan saat anda sedang asyik-asyiknya chatingan, dan anda akan dibuat bingung ketika ingin menghapus nya, karena Malware biasanya terinstall tanpa nama, dan tersembunyi dari menu aplikasi, untuk menghapusnya, maka anda perlu ke pengaturan aplikasi, dan cari aplikasi tanpa nama, hapus aplikasi tersebut.

Tertulis @ www.andipedia.com

2. Menyebar Hoax untuk mendapatkan banyak follower sosial media

Seperti yang kita lihat sendiri, teknik ini banyak digunakan, nah ketika followers sudah banyak, maka konten provokatif yang dibuat akan dihapus, dan mulai membuat konten yang "baik" Dimata anda, mulai menerima Endorse untuk mendapatkan penghasilan.

Ini biasanya banyak dilakukan di Instagram dan Twitter, karena untuk Facebook, saya lihat cukup jarang pengiklan memasang Endorse.

3. Konten Hoax Berbentuk Video Di Facebook

Seperti yang kita lihat, dalam beberapa waktu terakhir, video di Facebook Watch sudah berisi iklan, dan penghasilan iklan itu dibayarkan oleh Facebook kepada pemilik video.

Dan memang dalam seleksi nya, mungkin karena masih bisa dikategorikan baru, Facebook tidak terlalu ketat sehingga konten provokatif pun bisa lolos seleksi.

Nah, ketika video ini viral, dan anda juga turut share ke sana dan kesini, orang yang mengunggah video semakin menghasilkan banyak uang.

Dan apa yang anda dapatkan?

Anda hanya menjadi alat dan korban mereka, anda dan orang sekitar semakin terpecah belah.

Makanya, pikir dulu sebelum share...

Tertulis @ www.andipedia.com

4. Konten Video Di YouTube

Coba buka YouTube, anda akan menemukan banyak sekali video hoax atau video yang kebenarannya tidak bisa dipastikan.
Video di YouTube bisa dipasang iklan Adsense dan mereka akan menghasilkan dari situ. Sungguh enak ya jadi penyebar hoax.

Selain dari situ, mereka biasanya juga terima Endorse, ketika hoax yang dibuat adalah hoax politik, maka tidak jarang Politikus yang masang Endorse untuk memperbaiki reputasi mereka atau mungkin merusak nama baik pesaingnya.

Dan lagi, anda hanya jadi korban kebohongan,  mereka yang mendapat keuntungan, masih mau?

Selain itu, mereka juga bisa menyisipkan link di deskripsi, yang tujuannya sama dengan nomor 1 diatas.

Tertulis @ www.andipedia.com

Nah, saya rasa cukup itu aja, karena saya tahu anda itu orang malas membaca. Jadi percuma kalau saya tulis panjang-panjang, toh anda juga gak akan baca semua tulisan saya.

Namun, saya mau kasih pesan kepada anda.

Teknologi dibuat untuk membantu manusia, dan anda adalah manusia, bukan hanya penyebar hoax yang manusia, tapi anda juga sehingga anda juga berhak mendapatkan manfaat dari teknologi itu sendiri. Jangan sampai anda hanya jadi korban dan alat mereka,  sedangkan mereka mencuri manfaat yang seharusnya anda terima.

Tertulis @ www.andipedia.com

Coba pikirkan sekali lagi, apa yang terjadi ketika anda bereaksi kepada sebuah kiriman, contohnya

Jika saya berkomentar, maka kiriman ini akan viral, untungnya pada mereka

Jika saya share, untungnya juga pada mereka

Jika saya Like, untungnya juga pada mereka

Terus saya dapat apa?

Buang-buang waktu dan kuota?

Oh tidak, cukup stop sampai disini...



  • Jangan terlalu mudah terprovokasi, buktikan terlebih dahulu keaslian sebuah informasi, anda jangan mau jadi alat memperkaya diri mereka.
  • Mikir dulu sebelum Like, Komentar dan Share. Reaksi anda sangat berpengaruh dengan informasi hoaxt itu.
  • Hapus atau Unfollow akun-akun yang suka bahas info hoax atau gak jelas, yang suka bahas politik, yang suka membandingkan agama, sehingga anda terhindar dari hal tidak diinginkan.
  • Ketika ada link atau informasi yang berisi link, coba lihat dulu situsnya, apakah situs resmi seperti detik, Tribunnews, kompas dan lain-lain, jika tidak yakin atau anda curiga itu berita hoax, langsung klik laporkan.
  • Rajin-rajin baca buku, baca informasi yang bermanfaat dan fokuslah kepada kehidupan pribadi anda.
  • Dekatkan diri kepada Tuhan



Nah saya rasa cukup, jika Bermanfaat, tolong share ya, makasih...

Belum ada Komentar untuk "Apa Untungnya Bikin Berita HOAX? Uang 1 MILYAR? Simak Sini, Saya Bahas Tuntas Agar Anda Tidak Jadi Alat Mereka!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Bantu Saya dengan Share

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Beri saya semangat dengan share

Iklan Bawah Artikel


Andi Saputra Siahaan

Tentang Andi Saputra Siahaan

Adalah Seorang Blogger, Internet Marketer, Penulis yang sudah berpengalaman dan fokus di bidang ini sekitar 7 tahun. Sudah lama tapi tidak pernah sukses sampai sekarang....

Temukan Saya Di

Facebook : Andi Saputra Siahaan
Twitter : @andi_s_siahaan
Instagram : @andi_s_siahaan