Apa itu Shared Hosting? Kelebihan dan Kekurangan Serta Kapan Harus Menggunakan Host Berbagi

Apa itu Shared Hosting? Apa bedanya dengan jenis hosting lainnya? Kenapa harus memilih shared hosting dan kapan shared hosting sebaiknya jangan digunakan? Itu pertanyaan yang sering di lontarkan kepada saya ketika membahas sebuah website. Disini akan saya jelaskan satu per satu agar anda bisa mengerti dan tahu...

Shared Hosting

Apa Pengertian Shared Hosting?

Shared Hosting adalah sebuah jenis hosting yang berada dalam suatu server yang terbagi menjadi beberapa hosting. Jika kita translate, Shared Hosting = Hosting Berbagi yang secara logika bisa kita artikan bahwa shared hosting itu adalah hosting yang dibagi-bagi atau lebih tepatnya, Hosting adalah Sebuah Server yang di bagi menjadi beberapa bagian , dan setiap bagian inilah yang dinamakan dengan hosting.

Dalam 1 Server, bisa dibagi menjadi banyak hosting, bisa 5 , 19 , 100 atau terserah pengelola nya.

Sudah mendapatkan gambaran tentang shared hosting? Sekarang kita lanjut ke kelebihannya...

Kelebihan Shared Hosting

  • Harga relatif lebih murah karena biaya untuk pengelola server di bagi kepada setiap pengguna dengan sama rata sesuai fitur yang didapatkan masing-masing pengguna.
  • Mudah di kelola, karena urusan setting internal sudah dilakukan oleh pemegang server, kita hanya bagian kecil dari server itu
  • Panel lengkap, kita tinggal pakai , seorang pemula pun sudah bisa memakainya tanpa perlu instal ini itu lagi
  • Semua masalah pada server menjadi tanggung jawab pengelola, segala bentuk maintenance, eror atau kerusakan lainnya menjadi urusan penyedia hosting. Kita tinggal pakai.

Kekurangan Menggunakan Shared Hosting

  • Satu server dibagi menjadi banyak hosting, tentu membuat ram semakin cepat habis
  • Jika pengguna lain menggunakan ram secara berlebihan, kita juga mendapat resiko karena berada dalam 1 server
  • Tidak bisa mengendalikan hosting secara penuh, karena jika melanggar ketentuan, penyedia dapat banned hosting kita.
  • Tidak mampu menampung situs dengan trafik tinggi, karena ram yang di sediakan dibatasi sesuai paket yang kita beli

Kapan Harus Menggunakan Shared Hosting?

Jika anda adalah seorang pemula atau masih dalam belajar membuat website, maka anda bisa menggunakan shared Hosting karena pada dasarnya, situs anda juga mungkin belum memiliki trafik karena masih dalam masa pengembangan. Jadi tidak perlu membeli server yang hebat.

Jika situs anda memang ditargetkan untuk orang tertentu atau terbatas pengguna, maka jenis hosting ini cocok untuk anda, selain menghemat biaya, kita juga tidak menyia-nyiakan uang untuk membeli hosting yang besar yang sebenarnya tidak kita butuhkan sama sekali.

Kapan Anda tidak boleh menggunakan shared Hosting?

Ketika membuat situs bertrafik tinggi, atau ketika membuat situs yang membutuhkan resource yang besar, jangan gunakan shared hosting karena ini akan membuat situs anda sering down.

Begitu juga dengan situs download file atau file sharing yang sudah bertrafik besar, sebaiknya gunakan server pribadi atau VPS atau jika memungkinkan, gunakan dedicated Server. Ini akan lebih memungkinkan untuk menampung kebutuhan website anda.

Penutup

Jadi bagaimana? Sudah tahu apa itu Shared Hosting? Sudah yakin mau membeli versi shared hosting? Jika ya, silahkan langsung di beli saja.

Nah, sekian dulu artikel kali ini, saya rasa ini udah cukup membuat anda mengerti, sekian dan terimakasih sudah membaca.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Shared Hosting? Kelebihan dan Kekurangan Serta Kapan Harus Menggunakan Host Berbagi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Bantu Saya dengan Share

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Beri saya semangat dengan share

Iklan Bawah Artikel


Andi Saputra Siahaan

Tentang Andi Saputra Siahaan

Adalah Seorang Blogger, Internet Marketer, Penulis yang sudah berpengalaman dan fokus di bidang ini sekitar 7 tahun. Sudah lama tapi tidak pernah sukses sampai sekarang....

Temukan Saya Di

Facebook : Andi Saputra Siahaan
Twitter : @andi_s_siahaan
Instagram : @andi_s_siahaan