Senin, 10 Desember 2018

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Dropship

Bisnis Online Berbasis Dropship - Saat ini banyak sekali orang yang memulai bisnis, baik berjualan di toko offline maupun membuat toko online. Tetapi, dijaman yang modern ini orang-orang lebih memilih belanja online, selain praktis juga dapat membandingkan harga dengan penjual lainnya. Didalam bisnis online shop ada dua yang dapat dilakukan, yaitu menjadi sistem dropship atau sistem reseller.

Sistem dropship sendiri berbeda dengan sistem Reseller yang mengharuskan penjual untuk membeli produk terlebih dahulu pada supplier, yang kemudian akan dijual kembali dengan mengambil keuntungan dari selisih harga barang. Nah jika anda ingin melakukan bisnis dropship, sebaiknya pahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya. Yuk disimak

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Dropship


Kelebihan Bisnis Dropship


1. Tanpa Modal Besar

Bisnis dropship memang terkenal karena bisnis ini hanya bermodal minim atau bahkan tanpa modal. Anda bisa memanfaatkan teknik marketing gratisan jika ingin menjalankan bisnis ini tanpa modal.

Dropship itu sendiri tidak membutuhkan stok barang dirumah ataupun di toko anda. Anda hanya perlu mencari supplier yang mau menerima anda sebagai dropship di toko nya. Anda bisa menghemat pengeluaran, tidak perlu menyewa toko, tidak perlu menggaji karyawan dan lain-lain. Hanya bermodalkan smartphone dengan paket internet anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.

2. Praktis

Sangat praktis, jika ada yang membeli anda hanya perlu menghubungi supplier untuk segera mengirimkan barang ke alamat pembeli di toko online anda dengan data penigiriman adalah nama dan toko anda. Tanggung jawab akan diberikan kepada supplier.

3. Dikerjakan Kapan Saja dan Dimana Saja

Anda cukup bermodalkan smartphone yang berisikan paket internet, lalu dapat mengerjakan bisnis online ini dimana saja dan kapan saja.

4. Tidak ada Biaya Operasional

Tidak seperti bisnis lainnya yang butuh operasional, bisnis sistem dropship ini tidak memerlukan biaya operasional. Hanya saja anda butuh biaya untuk membeli paket internet tiap bulannya. Karena membangun toko online di beberapa marketplace adalah gratis.

Selain daripada itu, semua bisnis juga memiliki kekurangan termasuk bisnis dropship ini.


Kekurangan Bisnis Dropship


1. Keuntungan Kecil

Keuntungan yang didapat dari bisnis ini sangat kecil. Ada beberapa supplier yang sudah menentukan harga untuk dropship dan ada pula yang memberikan kebebasan untuk para dropshiper menentukan harga jualnya sendiri.

Fokuslah pada penjualan produk, jangan berfokus pada selisih harga jual yang lebih besar karna persaingan pun cukup ketat. Semakin banyak produk yang terjual, maka semakin besar keuntungan yang anda dapatkan.


2. Tidak Dapat Melihat Barang yang Dijual

Anda sebagai dropshiper tidak dapat melihat langsung kualtias dan kondisi barang yang anda jual. Yang anda dapatkan hanya info barang dari si supplier saja.

3. Resiko Komplain

Dengan tidak bisa melihat barang secara langsung, maka resiko komplain akan lebih besar. Terlebih lagi barang yang dikirim tidak sesuai harapan pembeli. Maka yang akan repot adalah anda, karena pembeli akan komplain kepada anda.

4. Sulit Memantau Stok Produk

Yang memiliki data mengenai barang adalah supplier. Anda bisa ketinggalan update stok, bisa jadi stock siang ada 50 pcs, namun sore harinya stock sudah sisa 10 pcs saja. Atau bahkan bisa jadi barang tiba-tiba habis, anda pun harus membatalkan transaksi dengan pembeli di toko anda jika kehabisan stok.

Akhir Kata

Demikianlah artikel mengenai Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Dropship, jika anda berminat menjadi seorang dropshiper maka carilah supplier yang terpercaya dan profesional, jadi anda tidak perlu khawatir mengenai barang yang tidak sesuai.



EmoticonEmoticon