Cara Kerja Bisnis Dropship Dan Tips Untuk Pemula Agar Bisa Sukses

Cara kerja bisnis dropship yang simpel dan memungkinkan semua orang bisa berjualan online tanpa modal, membuat dropship begitu diminati oleh banyak kalangan. Bagi Anda yang masih awam dan belum mengetahui seperti apa sih skema dropship itu? Silahkan simak baik-baik berikut ini.



1. Anda mencari barang yang ingin dijual, kemudian mencari supliernya. Katakanlah Anda ingin menjadi dropship baju muslim.

2. Setelah itu tugas Anda adalah mempromosikan baju muslim di media sosial atau marketplace.

3. Ketika ada orang yang berminat dengan baju muslim Anda, maka konsumen melakukan pembayaran ke rekening Anda.

4. Setelah itu, Anda menghubungi suplier, mentransfer uang, dan memberi rincian informasi konsumen. Mulai dari alamat, ukuran baju, warna baju, dan lain sebagainya.

5. Suplier memproses pesanan dan mengirimkan baju sesuai pesanan ke alamat konsumen.

6. Selesai.

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan cara kerja bisnis dropship?

Orang yang menjalani bisnis dropship disebut sebagai dropshipper. Penting untuk diketahui, dropshipper itu berbeda dengan reseller lho. Meskipun keduanya seringkali digunakan sebagai istilah bagi pemilik toko online, namun pengertian dropshipper dan reseller itu berbeda.

Pengertian reseller adalah orang yang membeli barang, kemudian disimpan ( istilahnya nyetok barang ), baru dijual kepada konsumen.

Sedangkan pengertian dropshipper adalah orang yang memesan barang dan langsung mengirimnya ke konsumen, tanpa harus nyetok barang. Kira-kira, apa sih keuntungan bisnis dropship? Simak baik-baik di bawah ini ya.

Keuntungan Dropship


1. Belajar bisnis online

2. Mengetahui teknik pemasaran

3. Bisa menjadi costumer service yang baik

4. Mendapat banyak kenalan

5. Bisa berjualan tanpa harus nyetok barang

6. Bisa dilakukan tanpa modal

7. Membangun kepercayaan dengan banyak orang

Tips Dropship Untuk Pemula


1. Fokus satu barang

Namanya juga masih awal-awal, jangan keburu nafsu untuk menjual banyak barang sekaligus. Fokus saja satu barang, lakukan branding terhadap calon konsumen apabila Anda adalah penjual dari produk tersebut.

Setelah reputasi Anda terhadap satu barang sudah mulai bagus dan menghasilkan banyak orderan, baru deh coba cari barang dagangan lain.

2. Lakukan branding semaksimal mungkin

Tips dropship untuk pemula selanjutnya adalah memaksimalkan branding terhadap produk dagangan Anda. Tujuannya yaitu menciptakan reputasi baik dimata konsumen. Anda bisa membangun website toko online sendiri, toko online di shopee, tokopedia, olx, atau bukalapak.

3. Terapkan cross selling

Cross selling adalah strategi menjual dua barang sekaligus. Bagaimana sih, tadinya disuruh fokus 1 barang saja? Maksudnya gini, misalkan Anda tadi menjual baju muslim, strategi cross selling adalah Anda menjual hijab atau celana kulot.

Intinya, Anda memasarkan produk yang masih satu ketegori dengan produk utama. Ini bisa juga menjadi branding, apabila Anda adalah pedagang fashion muslim.

4. Layani konsumen dengan cepat

Dalam berjualan, kepuasan konsumen adalah hal paling utama. Oleh sebab itu, ketika ada konsumen yang mengajukan pertanyaan, langsung balas secepat mungkin dan berikan informasi sedetail mungkin.

Jangan lupa jawab pertanyaannya dengan ramah, jangan cuek.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai cara kerja bisnis dropshipper. Semoga bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam memulai binsis online sebagai dropshipper.


EmoticonEmoticon