6 Strategi Pemasaran Properti Apartemen Ini Layak Untuk Anda Coba

Jumlah penduduk serta Warga Negara Asing yang berdatangan ke Jakarta terus meningkat. Ini memberi pengaruh pada tingkat permintaan apartemen. Kebanyakan dari mereka memutuskan untuk tinggal di apartemen sehingga angka permintaan apartemen menjadi tinggi, apalagi di area yang dekat dengan pusat bisnis. Selain Warga Negara Asing, jumlah masyarakat kelas menengah ke atas juga meningkat. Mereka biasanya memilih tinggal di apartemen yang lebih terjangkau dari tempat kerja atau sarana hiburan.



Apartemen yang berada di kawasan strategis biasanya memiliki tingkat hunian yang tinggi. Ini karena banyak calon penghuni yang mencari apartemen agar lebih dekat dengan lokasi mereka beraktivitas. Yang juga perlu diingat, penyewa apartemen Anda bukan hanya berasal dari penyewa baru. Penyewa apartemen Anda yang sekarang mungkin akan memperpanjang masa sewa bila mereka merasa nyaman

Di dunia digital dan mobile saat ini, tidak cukup bila kita hanya mengandalkan layanan listing konvensional untuk menjangkau calon penyewa apartemen.

Sebagai pemilik apartemen yang berencana memasarkan apartemen, Anda perlu tahu dimana tempat terbaik untuk mengiklankan unit Anda dan strategi pemasaran apa saja yang bisa mendatangkan calon penyewa atau pembeli yang kompetitif serta menargetkan audiens secara online.

Berikut ini ide strategi pemasaran properti apartemen yang akan membantu Anda meningkatkan kemungkinan ketersewaan apartemen Anda:

Gunakan website yang mobile-friendly


Sebanyak 98 persen calon penyewa menggunakan smartphone setidaknya satu kali dalam seminggu selama pencarian tempat tinggal dan 44 persen pengguna mobile mengatakan mereka tidak akan menggunakan sebuah situs bila tidak bisa bekerja dengan baik di mobile device mereka. Ketika berbicara tentang marketing apartemen, desain yang responsif sangat penting. Pastikan website yang Anda gunakan untuk memasarkan apartemen bisa loading dengan cepat, menyesuaikan ukuran layar, dan punya link yang memudahkan pengunjung mengakses informasi yang dicari.

Membangun reputasi online


Seperti apa ulasan yang diberikan penyewa yang sekarang tentang Anda? sebanyak 74 persen penyewa memanfaatkan rating dan ulasan online untuk menemukan unit apartemen, jadi memiliki strategi untuk menjaga reputasi online Anda sangat penting. Gunakan alat marketing yang memudahkan penyewa menemukan Anda secara online, selalu monitor reputasi online Anda, tanggapi ulasan yang negatif, dan bagikan ulasan positif di media sosial dan situs ulasan.

Gunakan search engine optimization


Dengan 91 persen penyewa mencari hunian apartemen untuk disewa melalui internet, waktunya bagi Anda memiliki strategi pemasaran search engine yang tepat. Search engine optimization membuat Anda bisa langsung menargetkan pengguna yang secara aktif mencari properti pada berbagai alat. Search engine jadi cara terbaik untuk jadi menonjol diantara para kompetitor Anda, mengalirkan traffic ke website yang Anda gunakan dan mempromosikan listing baru ke penyewa potensial.

Strategi marketing terintegrasi


Ketika bicara tentang memilih tempat baru untuk dihuni, kebanyakan prosesnya terjadi sebelum penyewa menghubungi Anda, dan ini terjadi secara online. Menggunakan website dan Facebook jadi awal yang baik, tapi juga penting untuk memastikan platform ini bekerja sama dan tidak saling terpisah.

Gunakan media sosial untuk menemukan penyewa potensial


Setiap hari lebih dari 1,3 milyar pengguna Facebook membagikan jutaan konten. Kemungkinan penyewa potensial Anda yang ada di media sosial bisa memperoleh informasi tentang properti Anda termasuk ulasan dan gambarnya. Ini membuat Anda bisa lebih mudah menjangkau pengguna yang kemungkinan tertarik dengan properti Anda.

Tunjukkan properti Anda dengan virtual tour


Virtual tour penting karena memberi calon penghuni kesempatan untuk menyukai properti Anda sebelum mereka datang ke apartemen. Kesempatan untuk melihat apartemen sebelum mereka mendatangi unit Anda akan membantu mereka memperoleh pengalaman memvisualisasikan seperti apa rasanya tinggal di unit Anda. Dan ini bisa mengubah calon penyewa menjadi penyewa.

Kesalahan dalam memasarkan apartemen


Di atas telah dijelaskan tentang beberapa strategi pemasaran apartemen yang bisa Anda terapkan. Sebelum menerapkannya, pastikan Anda menghindari kesalahan berikut dalam memasarkan unit Anda:

Tidak persiapkan apartemen untuk dijual/sewa


Pemilik apartemen yang tidak membersihkan apartemennya berarti menyia-nyiakan kesempatan. Ini tidak hanya menurunkan harga jual/sewa apartemen tapi juga menghambat Anda melakukan penjualan. Misalnya, bila Anda tidak tahu ada masalah kecil seperti pegangan pintu yang rusak, pembeli potensial akan curiga apartemen Anda punya kerusakan yang lebih besar yang belum diatasi.

Anda bisa meminta teman untuk memeriksa area mana yang membutuhkan perbaikan. Karena Anda familiar dengan apartemen, Anda mungkin tidak peka dengan kerusakan yang ada. Merapikan, membersihkan, dan menggunakan cat yang terang pada dinding, serta menghilangkan bau juga membantu memberi kesan baik pada pembeli.

Tidak mengakomodasi pembeli/penyewa potensial


Bila ada yang ingin melihat apartemen Anda, Anda perlu mengakomodasinya meski ini mengganggu jadwal Anda. Dan tentu saja Anda perlu merapikan dan membersihkan apartemen sebelum tiap kunjungan. Pembeli/penyewa tidak akan tahu dan tidak peduli bila apartemen dalam kondisi bersih minggu lalu tapi kotor ketika ia datang melihatnya.

Menyembunyikan kerusakan


Kerusakan pada apartemen Anda akan diketahui ketika pembeli melihatnya, jadi tak ada gunanya menyembunyikannya. Anda punya pilihan untuk memperbaiki kerusakan lebih dulu, mematok harga di bawah harga pasar, atau mematok harga normal tapi menawarkan pembeli perbaikan kerusakan nantinya.

Bila Anda tidak segera memperbaiki kerusakan, Anda akan kehilangan sejumlah pembeli. Periksa apartemen Anda sebelum memasukkannya ke dalam listing bila Anda ingin menghindari hal yang tak diinginkan.

Mematok harga yang tidak realistis


Menentukan harga yang tepat jadi hal yang sangat penting. Pembeli/penyewa akan membandingkan harga apartemen Anda untuk mendapat harga yang tepat. Harga yang terlalu tinggi membuat apartemen Anda sulit terjual. Jangan takut bila Anda memasang harga yang sedikit lebih rendah, teorinya hal ini akan menarik banyak penawaran dan harganya perlahan jadi meningkat. Bahkan menurunkan harga bisa jadi strategi untuk menarik minat banyak orang.

Bila berencana menjual unit apartemen Anda, jangan terburu-buru. Pastikan Anda telah melakukan riset kecil. Pastikan apakah sekarang waktu yang tepat untuk menjual apartemen? Anda juga perlu punya rencana yang realistis sebelum menginvestasikan waktu dan uang sebagai persiapan untuk menjual apartemen.

Bila apartemen membutuhkan perbaikan, pastikan ini dilakukan sebelum Anda menerima calon pembeli. Pastikan apartamen bisa melewati inspeksi calon pembeli dengan baik. Jangan abaikan hal-hal kecil seperti menambal lubang pada dinding atau mengganti kunci jendela yang rusak.


EmoticonEmoticon